Pulau Pahawang
Awal mula lagi mai kerumah Dwi Nuraini biasa disapa
depok, depok cerita tentang rencana dia sama teman-teman kampus ke pulau
Pramuka, di kepulauan seribu. Gue tertarik banget buat ikut padahal gak kenal
sma sekali sama teman –temannya. Its no problem yes, gue seorang yang cepet kok
beradaptasi.
Beberapa minggu kemudian depok ngabarin ada acara nginep
ke Lampung, dia bbm siang-siang dan dari pagi gue udah stay dikampus, kalian
tau lah ya kampus gue minim sinyal apalagu gue pengguna internet tri dan jadilah
sore baru gue bales “ IYA POK GUE IKUT”
tau ga depok jawab apa ??? “yah,, sayang banget elu sih lama ngabarinnya
, udah penuh kuotanya”
Rasanya tuh ya kayak udah lari jauh tapi ujungnya butu,
depok janji klo ada yang cancel mau dimasukin naa gue. Gak banyak persiapan
karena menurut gue inin mendadak banget, tpi biasalah cewek langsung nyiapin
apa aja yang harus dibawa, karena ternyata ada kuota buat gue, yeayyy. Waktu
terus berjalan hari demi hari berganti, pada saatnya kabar buruk datang.
Depok bbm klo ternyata dia ga dibolehin ikut,udah sempet
mikir mungkin ini belum rezeqi, karena gue ga mungkin pergi tanpa depok,
huhuhu. Besoknya depok ngbarin klo gue harus tetep ikut dan bawa temen atau
pacar, langsung cus ngabarin pacar (sekarang manta haha) dan nanya dia bisa
atau enggak, jawabannya ga janji dan dia ada latihan ke gunung, ah langsug
kecewa.
Dan langsung cus gue nyari temen yang ga ribet dan
gampang diajak jalan, keteulah si Mariati panggil aja UTI, jadi dulu uti sering
banget gue ajakin jalan waktu kita ekelas, kalau ada jadwal kosong kita
langsung cus berenang atau hunting foto. Sekarang udah jarang maen sama Uti,
karena dia lagi sibuk sama kuliah dan juga sudi S2 yang sedang ditempuhnya
sekaligus. Sukses terus ya ti J
Balik lagi ke topik gue langsung nyipain baju dan topi yang bakalan gue bawa, max and mix
baju pantai, aksesoris dan lain-lain. Satu lagi sebenarnya gue ga ngerti sama
rute guide yang dikirim Dina , well siapa Dina? Dina adalah temannya Depok yang
sering diceritain ke gue, kita temenan di BBM, sering sapaan, tapi ga pernah
ketemu, hihi.
Pas hari H rencana gue ketemu ama Dina dan
teman-teman di terminal KP. Rambutan
untuk berangkat bersama menuju pelabuhan merak tapi karena ada kegagalan pihak
dina dan teman-teman jadilah pinda kita
ketemuan di Terminal Leak Bulus (set jauh amat) , “jam 4 yaa di teminal lebak
bulus” , kata Dina.
Jadilah
gue sama uti ketemuan di Pasar rebo buat
naek bis yang menuju lebak bulus, demi apapun bis itu lama banget datangnya,
sampe gua digangguin, diledekin, di godain sama abang yang jualan disana. 45
menit waktu berlalu dateng lah bis menuju Lebak bulus pas masuk bis dalem hati
lega banget dan berharap cepet sampe sana dan langsung jalan ke Merak.
Dibilang nyesek sih emang nyesek, karena pas sampe sana
Dina DKK (Susi, nunu,Dini) belum sampe, mereka masih pada dikampus, katanya
sebentar sampe tapi hampir sejam belum sampe gerimis udah mulai mengundang
*setdahkeklagu ahirya mereka dateng ketemuan deh dihalte busway Lebak Bulus.
Bisa bayangin orang yang ga pernah ketemu, cuman tau
lewat BBM satu trip bareng ke sebrang pulau, dan jadilah gue so akrab gitu, sama
temen-temenya juga sok akrab hehe #sokaplusit. Pas jalan nyari bus semua calok
menuju ke kita, ada yang narik tas, maksa supaya ikut, sampe ngatain kita cabe”
jleb banget dah, naik bus menuju merak, macet merayap bete, ditinggal tidur
sampe bangun lagi tidur lagi bangun lagi ah gitu aja sampe botak -__-.
Tiba di Pelabuhan Merak sekitar jam setengah sepuluh,
langsung nyari bang Romi (by the way bang romi yg bawa travel ini) kita masuk
kedalem, keadaanya rame banyak yang ngetrip dan udah pada bergerombol sesuai travel
yang mereka ambil.
Dina yang emang tau salah satu personil di Trip kali ini
langsung sok nanya “bang enter traveller ya?” abangnya jawab iya (sekedar info
dia bersama gerombolannya) abis itu kita semua sok deket sama abang-abang yang
disana maen Uno bareng dan ga lama kemudian bang romi datang, absen dan menuggu
beberapa oang yang terlambat, baru kita cus berangkat.
Jujur pertama kali masuk menuju kapal Veri Excited banget
padahal gue udah pernah waktu kecil tapi lupa ehehe, dari gimana kapalnya
diparkirin sampe kita masuk nyari tempat, agak bau rokok , diluar cuaca hujan
and well gue ga bisa maen di kadek atas padahal kan asik, anak-anak ada yang
tidur, ada yang nikmatin perjalanan, atau sekedar dengerin suara ombak dan
percikan hujan yang membias lautan, gue apal banget setiap momennya.
Butuh waktu dua jam untuk sampai ke Pelabuhan Bekeuhuni
Lampung, ahhh rasanya udah ga sabar, kebelet banget liat pulau Pahawang, dan salah
kira ternyata kita harus naik mobil kecil sebelum sampai sana , kayak angkot
gitu tapi lebih jelek dan bau oli, Arghhhh dan perjalan sekitar 3,5 jam buat
sampe di Ketapang, dan sampai ke
Pahawang harusnaik kapal lagi.
Diangkot
yang jelek itu, gua ga tau dah ga berbentuk lagi, yang gua sadar cuman tidur
bangun belom sampe, kebangun isi bensin, tidur, bangun lagi, belom sampe lagi,
huh ahirnya same jam 12 mau dzuhur gitu, makan siang disana persiapan Snorkling.
Naik kapal ke Pulau Pahawang Besar Solat jumat yang perempuan ganti baju.
Gua
udah cantik banget ya siap buat ambil foto, milih alat snorkling , dan cus ke
spot snorkling yang pertama Pulau Pahawang Kecil, Shitttt Alat pernafasan dimulut gue rusak itu
buat first experience snorkling gue very bad -,-. Dan gue ga sadar akan hal itu
selang berapa lama gua sempet sesek gara-gara kemasukan air terus, sempet sedih
tapi usut punya usut alatnya rusak (Allahu robbi ;’( .
Setelah diganti gue udah lumayan lancar, walaupun rada
takut (sebenerya emg takut). Langsung Otw kelagian kecil disinii terumbu
karangnya lebih bagus ya gaissss, sorenya kita mampir kepulaunya, main air ,
foto-foto, makan ikan segar,minumnya kelapa langsung dari pohon beh,,
syurga~~~~.
Niatan mau sunset di Pulau kelagian besar sekalian bangun
tenda gagal, karena waktu molor kelamaan di kelagian kecil. Sunset di perahu ga
kalah asik couyyyyy!!! Sampe sana bangun tenda, gua sok’ bantuin padahal ga
bisa, tapi darisitu gua jadi bisa :P , acara ishoma, ada api unggun juga, tapi
kayaknya udah pada lelah dan lebi milih pada masuk tenda.
Enggak dengan gue, susi, sama dina yang masih main-main
sama kamera sampe gadanta nyari Orbs wkwk. Didalem tenda kita berenam setdah
panas banget gais didalemnya, trus gue bawa sleeping bag berat-berat buat
apahhhh!!!! Gua ga bisa tidur fix. Awalnya dina yang keluar dari tenda, ahirnya
gua menyerah karena panas dan pengap.
Anjing jalan dimana-mana, dari yang gue takut ampe berani,
sellow dia ga ganggu kok, ahirnya gue nyari Dina, dan dia lagi nongkrong di
warung ngobrol sama bapak penduduk setempat, gua susul aja, awalnya rada pegel
tidur dibangku kayu yang cuman buat setengah badan itu dan anjing yang kadang
mendekat, tapi gue coba buat terima, tetep ga bisa tidur.
Diitambah ada binatang kecil, tapi bukan nyamuk dan
sama-sama bikin gatel (mungkin sepupunya). Sedikit Info di pinggiran pantai ada
kayak saung berjejer, katanya sih bayar klo disana, tpi udah jam setengah dua
siapa yang mao nagih, gua ajak dina aja kesana, Anjir mantap banget suara
ombak, angin sepoi dibawah pohon, keliatan bulan yang cantik, ah surga.
Berselimutkan sleeping bag, gua nyenyak banget tidur,
kebangun setengah empat gara-gara dina heboh nyari Hpnya yang ga tau
ketinggalan dimana. Udah muter kesana kemari ternayata dimana? Bawah sleeping
bag-,-.udah mau subuh ada bang said(sebut aja namanya begitu) lagi hunting, dan
emang keren abis pengambilan gambarnya.
Reflek gue ama dina ikutan nimbrung, dan
minta foto sampe lumayan pagi, pada bangun, foto-foto, jalan sekitar pulau,
liat sunrise, Rasanya Bahagia banget. Jam sebelasan harus balik lagi ke Ketapang,
tenda semuanya udah rapih,seperti biasa gue duduk paling depan di perahu
nantang angin (jujur klo dibelakang deket mesin dan itu bikin eneg) .
Sebelum balik ke Ketapang kita sempetin snorkling ke
tempat yang biasa disebut Batu Pengantin, spotnya ada daratan rendah
ditengan-tengah lautan, shit asik man!!!, terus kejauhannya ada batu tiga
berjajar yang orang sana menyebut batu pengantin, gue sempet nanya sejarah
batunya kok bisa dinamain gitu?
Tapi pemandu snorklingnya juga gatau, ya dari dulu
namanya begitu, ditengah-tengah keasyikan, tiba-tiba gue denger ada pemandu
yang teriak-teriak disusul pemandu yan lain, Wah kenapa coba??? Ternyata gais ada
beberapa anak laki-laki (mirip boyband gitu gayanya) foto di batu pengantin.
Yang jelas mereka berenang sampe batu itu buat take a
wefie, dan ternyata foto dibatu itu atau selfi disana PAMALI dan katanya bisa
ga balik lagi, pemandunya udah rada panik gitu dan ga lama kemudian ada kaka
perempuan yang kena bulu babi, Horor kan yaa,, tapi menurut gue sih itu salah
dia karena dia berenang ga pake fin(sepatu katak) karena dia ngerasa udah bisa
dan berduaan mulu sama cowoknya.
Keadaan memanas kita disuruh cepet ke perahu ganti spot
snorkling, untuk pertolongan pertama kaka yang kakinya kena bulu babi, pacarnya
langsung buang air kecil gitu menjauh dari kita, terus ditaro dibotol aqua dan
di siram ke kaki pacarnya, hahaha agak geli sih gais, karena emang ternyata
urin laki-laki itu obat mujarab buat mengatasi kulit yang kena bulu babi.
Udah naik semua
kita ganti spot, sebenarnya gue udah capek banget buat snorkling lagi, tapi
rasanya kurang greget klo ga ikut turun, ga tau pasti itu di sekitar pulau apa
snorklingnya, yang jelas gue turun sebentar dan keburu sesek karena ombak
kenceng banget, semua juga gapada lama, karena ombak ga bisa dikondisikan.
Gue sebenernya orang yang agak aneh, kepo sangat, dan
pemandu perahunya ini lumayan banyak pengalaman, dia kritkus gua demen, kita
ngomongin mulai dari budaya, nasionalisme, sampe politik. Diwali dari gue yang
banyak tanya kenapa setiap perahu ada bendera merah putih, dan bla bla.
Gue salut karena mereka
menjunjung tunggi Indonesia mangkanya bendera merah putih ada di setiap perahu,
ada satu pulau dimana dikuasai oleh
jepang untuk membudidyakan Mutiara dan itu resmi dijinkan pemerintah,
bahkan setiap kapal orang pedalaman dilarang lewat perairan disitu awalnya,
tapi warga berontak dan ahirnya jepang mengalah.
Ini
ga fair geis, gua dengan segala argument bilang ke si abang, dia jawab kita
sumber dayanyaa kurang neng, kita juga bingung teknologi mereka kok canggih,
jangan kan untuk seperti itu sekolah saja hanya ada di satu pulau dari sekian
banyak pualau yang berjejer disana, aksesnya apun sulit.
Miris banget masih ada bangsa Indonesia yang masih susah
ngerasaain pendidikan, rasanya gue pengen belajar sungguh-sungguh dan jadi
orang sukses terus bisa meningkatkan SDM bangsa sendiri, Amin ya Allah. Nitmat
manakah yang kamu dustakan? Fabiaayi
ala’i rabbikuma tukadziban? (ciye dalilnya keluar) Belajar enak , tapi nya
males ya Allah sebegitunya dusta kah gue???
Jujur ini jadi tamparan banget buat gue personal, semoga
darisini gue bisa belajar lebih giat, agar hamba tidak mendustai nikmatmu ya
Allah. Balik lagi ke laptop sampai ketapang gue mandi beres-beres makan terus
perjalanan beli oleh-oleh, awal masuk angkot masih rame ketawa-ketaa becanda,
tapi gue yakin setengah jam kemudian pasti pada molor.
Ternyata dugaan gue salah gaes, semuanya melek karena ada
insiden, masa iya BAN MOBIL DEPANNYA COPOT GELINDING DULUAN kwkwkw ngakak gila
sumpah, karena sebelumnya supirnya udah ngerasa ada yang aneh, jalan kepinggir
dan ternayata tuh ban copot, gue pun ngeliat pake mata kepala gue tuh ban
gelinding wwkwkwkw.
Ahirnya karena kejadian itu kita ganti mobil, terus
nunggu dipinggir jalan kek anak ilang, perjalan selanjutnya ke tempat
oleh-oleh, haish bawaan gue banyak, oleh-oleh sepelastik gede, ada baju basah,
sleeping bag dll, pundak gue mao patah, masuk kapal veri, gua sama dina udah
nempatin kelas VAV dengan tambahan 15000 bayangin diantara orang banyak gua
desek-desekan buat dapetin tuh tempat, ternyata anak-anak gamau karena duitnya
kurang-,-, nyesek bro.
Sampe merak kita caw kerumah masing-masing, gue konvoy
sama beberapa orang sampe terminal rambutan, sampe jam tiga subuh gitu nunggu
subuh terus naek angkot balik rumah.
Sekedar Info di pulau Pahawang dan sekitarnya belum ada listrik, lampu
dll bersumber dari tenaga matahari, malam hari biasanya pake genset. Tapi
jangan salah itu malah bikin asik banget.
Klo malem nih ya bisa liat taburan bintang, dan dengerin
deburan ombak, akses kesini masih sulit, perjalanan yang ditempuh :
- Jakarta-pel merak = 6jam +macet
- Pel. Merak- Pel Bekeuhuni = 2jam
- Pel. Bekeuhuni- Ketapang = 3,5- 4 jam(supir kayak fast furious)
Dari ketapang harus nyebrang
lagi untuk sampe pahawang, tapi semua akan kebayar kok dengan keindahannya,
jujur gue aja ampe rumah masih belom move on sama pasirnya yang lembut, iya
move on sma pasir yang susah bukan sm kamu : p hahaha (efek klo kena pasir
pantai ga mau pake sendal).
Mungkin hanya ini yang daat saya bagikan ke kalian,
semeoga bermanfaat jika ada salah kata saya minta maaf sebelumnya, maklum masih
belajar nulis hihihi. Semoga kita bisa bertukar pengalaman ya pembaca (emang
ada yang baca apa) .
